Dilarang Merokok di Sekolah

Kebiasaan merokok di kalangan masyarakat Indonesia sangat sulit untuk dihilangkan. Dapat dikatakan bahwa kini merokok sudah dilakukan oleh para remaja yang masih berusia sekolah. Walaupun kandungan dalam rokok telah terbukti sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh hingga dapat mengakibatkan kematian.

Salah satu terobosan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi angka perokok di kalangan para remaja usia sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menetapkan sekolah sebagai kawasan yang terbebas dari asap rokok, sehingga para perokok aktif dilarang merokok di dalam kawasan sekolah.

Pada Peraturan Pemerintah tersebut yang tercantum dalam Pasal 1 ayat (4), bahwa yang dimaksud dengan kawasan tanpa rokok adalah ruangan atau tempat yang dinyatakan dilarang untuk melakukan kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, dan/atau mempromosikan rokok. Salah satunya yang menjadi sasaran kawasan tanpa rokok adalah di lingkungan sekolah seperti yang tercantum pada Pasal 3, yaitu meliputi kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, serta pihak lain yang berada di dalam lingkungan sekolah.

Area tanpa asap rokok memiliki tujuan untuk menjadikan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan bebas dari asap rokok. Oleh karena itu, pihak sekolah wajib memasukkan peraturan larangan merokok dalam aturan tata tertib di sekolah. Pihak sekolah juga dilarang untuk menerima segala bentuk iklan, promosi, dan kerjasama apapun dengan perusahaan rokok untuk segala kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan.

Kewajiban sekolah yang lainnya adalah menetapkan larangan pemasangan papan iklan, reklame, penyebaran pamphlet dari perusahaan rokok di lingkungan sekolah, melarang untuk menjual rokok di koperasi sekolah, kantin sekolah, serta memasang tanda area bebas dari asap rokok di lingkungan sekolah.

Berdasarkan segala kewajiban tentang area bebas dari asap rokok di sekolah, baik kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, serta peserta didik wajib dilarang merokok di lingkungan sekolah. Kepala sekolah bahkan wajib menegur atau mengambil sanksi kepada mereka yang melanggar aturan tersebut sebagai salah satu penegakan peraturan yang berlaku. Jadi untuk para perokok, matikanlah rokok anda sebelum anda terkena sanksi dan segala konsekuensinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s